Sayangi Jantung dengan Mengatasi Depresi

By | May 18, 2017

Mengatasi depresi makin urgen mengingat lebih-lebih depresi yang gampang bisa berdampak tidak baik bagi jantung, demikianlah menurut para peneliti berasal dari Inggris.

 

Dan, makin tinggi tingkat depresi seseorang, makin tinggi pula efek kematiannya. Seorang peneliti bernama Tom Russ, yang bekerja di Alzheimer Scotland Dementia Research Center, University of Edinburgh, mengatakan, ”Dengan terbuktinya peningkatan efek kematian ini, yang disebabkan lebih-lebih oleh stres psikologi yang ringan, mestinya mendorong penelitian untuk sadar apakah penyembuhan pada tanda-tanda gampang dan umum ini bisa turunkan risiko kematian.”

 

Mengatasi Depresi dengan Memerhatikan Penyebabnya

Sebenarnya, penyebab depresi bisa banyak, terutama pada depresi lansia. Kondisi tiroid misalnya, bisa memicu depresi mental. Ketidakseimbangan hormon wanita juga bisa memicu depresi.

 

Kesedihan dan kekecewaan bisa juga jadi penyebabnya. Bahkan dampak pengobatan, rasa sakit yang kronis, genetik, tipe kelamin, dan infeksi oleh virus bisa memicu depresi.

 

Beberapa penelitian mendapati bahwa aspek lingkungan seperti kemiskinan atau pelecehan bisa ikut menyumbang kepada penyebab depresi. Selain itu, depresi juga bisa terjadi kecuali seseorang tinggal dengan anggota keluarga yang depresi atau sakit.

 

Meskipun penyebab depresi begitu banyak ragam pada tiap tiap orang, secara umum, lebih dari satu besar orang mengalami depresi dikarenakan kurangnya neurotransmiter serotonin.

 

Serotonin, yang nama lainnya 5-Hydroxytriptamin, merupakan zat yang bisa memicu seseorang jadi bahagia. Serotonin kerap juga disebut ‘obat untuk memperbaiki situasi hati’ dikarenakan perubahan kandungan serotonin di dalam tubuh bisa berdampak pada perubahan mood juga.

 

Jika kandungan serotonin alami penurunan hingga amat rendah, depresi juga akan menyusul. Hormon ini dihasilkan oleh tubuh dengan gunakan bahan dasar asam amino triptofan. Jika kandungan triptofan di dalam tubuh jumlahnya memadai, maka tubuh akan dengan gampang menghasilkan serotonin.

 

Triptofan juga merupakan prekursor hormon melatonin, yang mempunyai beraneka fungsi, juga mengendalikan ritme tubuh kita.  Berapa banyak asupan triptofan yang diajurkan?

 

Menurut National Academy of Sciences (NAS), seorang remaja pria mesti setidaknya konsumsi 364 mg triptofan; pria dewasa 392 mg; wanita remaja 238 mg; dan wanita dewasa 322 mg. Wanita hamil disarankan untuk konsumsi lebih tinggi lagi, yakni 497 mg.

 

Nah, makanan apa yang paling pas untuk mendapatkan sumber serotonin ini? Bayam, asaparagus, dan kedelai disebut-sebut sebagai sumber yang kaya akan triptofan. Selain itu, Noni Juice juga merupakan bahan nabati utama yang tinggi akan asam amino ini, yakni 1-3 mg/100 g.

 

Selain triptofan, Noni juice juga mengandung 8 asam amino esensial lainnya, yakni Histidine 4-6 mg/100g, Isoleucine 7-11 mg/100g, Leucine 10-22 mg/100g, Lysine 7-11 mg/100g, Methionine 1-4 mg/100g, Cystine 7-11 mg/100g, Threonine 8-11 mg/100 g, dan valine 10-22 mg/100 g.

 

Jika kandungan triptofan di dalam tubuh memadai, maka tubuh kita akan lebih gampang memproses neurotransmiter serotonin dan dengan demikianlah bisa mengobati depresi.

 

Dalam survei yang diajukan pada 1.111 orang yang konsumsi Noni untuk menanggulangi depresi, 77 persennya menjelaskan bahwa mereka bisa menanggulangi depresi dengan meminum Noni juice.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *