Kubah Enamel Badshahi Pakistan

By | April 19, 2017


Inilah sebuah lagi masjid yang ada di kota Lahore dan turut dibangun sekitar abad ke-17. Namun, berbeda dari kubah enamel Wazir Khan, Masjid Badshahi ini menggunakan bata pasir merah dan marmer sebagai bahan utamanya. Pada awalnya, menara masjid yand besar ini seharusnya digunakan untuk menyimpan senjata sebagai persiapan menghadapi Perang Saudara Sikh pada tahun 1841.

Taj-ul-Masjid – Bhopal, India
Nama kubah enamel yang berarti “Mahkota Antara Masjid-masjid” ini adalah antara masjid yang terbesar di Asia. Masjid ini gah berdiri dengan warna jingga pada bagian depan, dua menara segi delapan setinggi bangunan 18 lantai, ruang sandi setinggi bangunan 2 lantai, dan kubah terbuat dari marmer. Kapasitasnya mampu memuat 175.000 jemaah, menjadikan masjid ini masjid terbesar di India.

kubah enamel
Masjid Jama, Delhi, India
Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Jahan-Numa yang berarti kubah enamel Cermin Dunia. Masjid utama yang berada di kawasan Delhi lama ini didirikan Kaisar Mogul, Shah Jahan, yang terkenal dengan pembangunan Taj Mahal.

Masjid Sheikh Zayed, Abu Dhabi, Arab Saudi
Masjid ini menggabungkan gaya arsitektur Mamluk, Utsmaniyah, dan Fatimid, dan tentu harus termasuk dalam daftar pasti kunjungi bagi penggemar arsitektur. Mana tidaknya, ketika dibangun, sebanyak 1.200 artisan telah dikerahkan untuk membuat karpet masjid ini selain memiliki lampu chandelier seberat 12 ton!

Masjid Sultan Qaaboos, Oman
Lokasinya yang terletak bersebelahan jalan raya di Muscat mungkin tidak nampak menenangkan. Tapi, setelah Anda melangkah masuk ke dalam taman kubah enamel ini, sangkaan Anda pasti meleset! Masjid ini memiliki halaman luar yang menakjubkan, pintu-pintu gerbang yang elegan, dan kubah – kubah ‘muqarnas’ yang begitu indah. Maka, tidak heran Masjid Sultan Qaaboos diangkat sebagai salah sebuah bangunan tersohor di negara teluk ini.

Masjid Samarra, Irak
Wah, uniknya desain kubah enamel ini bukan? Sebenarnya, apa yang Anda lihat hari ini cumalah sebagian dari keseluruhan masjid yang dibangun pada awal abad ke-9. Menara ‘Malwiya’ berbentuk kerucut berlingkar ini berketinggian 52 meter dan 33 meter lebar pada situs paling bawah. Masjid ini pernah menjadi korban perusakan pada tahun 1278 dan terakhir pada 2005. Kini, ia termasuk dalam daftar tempat bersejarah yang harus dijaga UNESCO.

Masjid Lala Mustafa Pasha, Siprus
Dibangun sekitar 1298-1400, bangunan ini adalah antara bangunan abad pertengahan terbesar di Famagusta. Sebenarnya, masjid ini memang berasal dari sebuah gereja bergelar ‘St Nicholas s Cathedral’ sebelum kota ini dikuasai Kekaisaran Utsmaniyah pada 1571. Masjid ini juga pernah dikenal sebagai ‘Ayasofya Mosque of Magusa’. Bila dikonversi fungsi ke sebuah kubah enamel, semua ikon, simbol dan gambar binatang atau manusia telah dihapus, dibuang, atau diganti.

Masjid Umayyad, Suriah
Masjid disebut juga sebagai ‘The Great Mosque of Damascus’ ini adalah salah satu bangunan yang tercantik pernah didirikan dalam sejarah perkembangan Islam. Siap dibangun sedini 715 AD selama pemerintahan Khalifah al-Walid I, di sinilah juga terletaknya makam Nabi Yahya AS.

Masjid Agung Herat, Afghanistan
Meskipun dasar bangunan ini telah dibangun sejak tahun 1200, namun masjid ini mengalami berbagai proses pembangunan perbaikan dan perluasan ruang keseluruhan. Lihatlah saja betapa halusnya arsitektur kubah enamel ini. Ciri keistimewaan kubah enamel ini terdapat pada kemasan lapis lazuli (sejenis permata berharga) yang digunakan pada bagian depan bangunan ini. Lapis lazuli adalah sebuah permata kuno dan pernah dianggap lebih berharga dibandingkan emas pada suatu masa dahulu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *